Home » » Storyboard Animasi Bola Bowling

Storyboard Animasi Bola Bowling

     Storyboard adalah serangkaian sketsa dibuat berbentuk persegi panjang yang menggambarkan suatu urutan (alur cerita) elemen-elemen yang diusulkan untuk aplikasi multimedia. Storyboard menggabungkan alat bantu narasi dan visual pada selembar kertas sehingga naskah dan visual menjadi terkoordinasi [1]. Dalam kata lain storyboard dapat diartikan sebagai alat perencanaan yang menggambarkan urutan kejadian berupa kumpulan gambar dalam sketsa sederhana. 2. Mengapa Perlu Storyboard. Storyboard berperan menjadi gambaran dasar dari sebuah produk yang akan kita bangun berikutnya, ini merupakan cetak biru atau algoritma dari apa yang akan kita bangun. Pada awalnya storyboard merupakan kumpulan dari kertas gambar yang berisi rangkaian-rangkaian kejadian dalam sebuah produksi film, termasuk film animasi.
     Berikut adalah contoh storyboard animasi Bola Bowling :



Prinsip pembuatan :

a. Timing dan Ease in/Out (Waktu)
bola yang menggelinding hingga sampai ke deretan pin, dapat diatur kecepatan waktunya yang melambat, kemudian terdengar efek suara pin terjatuh.

b. Arcs (lengkungan)
Bahwa bola yang menggelinding tidak selalu bergerak lurus.

c.Follow Through and Overlapping Action (Gerakan penutup sebelum benar-benar diam)
Prinsip ini ingin menggambarkan prilaku karakter sebelum menyelesaikan suatu tindakan. Misalkan saat seseorang melempar bola, gerakan setelah melempar bola (Follow Through) tersebut adalah menunjukkan mimik muka senang karena puas telah melempar bola. Kemudian yang disebut Overlapping action adalah gerakan baju atau rambut yang bergerak akibat gerakan tersebut. 

0 comments:

Post a Comment

Labels

About Me

My photo
Bekasi, Bekasi, Jawa barat, Indonesia

Followers