Home » » Tugas bahasa indonesia 1

Tugas bahasa indonesia 1

tugas bahasa indonesia mencari perbedaan antara koran Pos Kota dengan koran Kompas

contoh berita dari koran pos kota :

Sebanyak 40 remaja dari wilayah Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat (Jakpus) mendapatkan bimbingan teknis penanggulangan bencana. Hal ini sebagai salah satu upaya agar mereka mempunyai kegiatan positip dan terhindar dari tindakan tidak terpuji seperti tawuran.
Kepala Sudin Sosial Jakpus, Ireni mengatakan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari keinginan peserta hasil pelatihan ketahanan sosial remaja rawan konflik di Kecamatan Johar Baru.
Tujuan bimbingan penanggulangan bencana untuk menanamkan kepekaan dan kepedulian para remaja tersebut terhadap bencana dan penanggulangannya. Selain itu, agar mereka terampil dalam tangani bencana. “Mereka diberi bimbingan keterampilan tendanisasi dan dapur umum,” kata Ireni, Senin (19/12).
Asisten Kesejahteraan Masyarakat Jakpus, H. Syamsudin Lologao dalam sambutannya mengharapkan agar para remaja memanfaatkan kegiatan dengan baik. Sehingga nantinya dengan ketrampilannya dapat bermanfaat bagi masyarakat. “Apalagi saat ini masuk musim penghujan sehingga harus ada antisipasi menghadapi banjir, sehingga peran serta para remaja sangat dibutuhkan,” jelasnya

Contoh berita dari koran Kompas :

Pesawat Cessna milik Wings Flying School Cirebon, yang jatuh di perbatasan Desa Bungko Lor dan Bungko Kidul, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Senin (19/12/2011), patah di bagian ekor.
Pesawat itu jatuh dalam kondisi terbalik, yakni bagian roda di atas, sedangkan bagian badan pesawat tercebur ke dalam air.
"Untungnya kedua awak, yakni instruktur dan siswa latihnya, selamat. Mereka bahkan bisa keluar sendiri dari pintu kabin," kata Imam Rosyadi, staf Badan SAR Nasional, yang berada di lokasi.
Kedua awak hanya luka lecet. Keduanya langsung kembali ke kantor Wings Flying School.
Kepala Kepolisian Resor Kabupaten Cirebon Ajun Komisaris Besar Hero Bachtiar menuturkan, pihaknya belum bisa memastikan apa penyebab kecelakaan itu.
"Informasi awal menyebutkan, pesawat itu jatuh dari ketinggian 1.000 kaki," kata Hero.
Evakuasi dilakukan dengan melibatkan sekitar 30 personel TNI, polisi, dan Badan SAR Nasional wilayah III Cirebon.

Dari dua buah berita diatas, koran pos kota menggunakan bahasa ang kurang baku, misalnya kata "positip" dan singkatan "jakpus, sedangkan koran kompas leih baku dalan segi bahasanya  dan EYD yang digunakan sesuai. dalam penampilan koran pos kota tidak sebagus penampilan koran kompas, koran kompas lebih baik dari segi tampilan.

0 comments:

Post a Comment


Labels

About Me

My photo
Bekasi, Bekasi, Jawa barat, Indonesia

Followers